July 23, 2020

Aliansi Mahasiswa Unhas Melakukan Aksi Diam yang Masih Menyoal Uang Kuliah Tunggal

Oleh: Kumbang

MAKASSAR, LAWUNHAS – Beberapa  mahasiswa  yang tergabung dalam  Aliansi Mahasiswa Unhas menggelar ‘Aksi Diam’ di depan pintu masuk gedung Rektorat Unhas pada Kamis, 23 Juli 2020. Ini merupakan aksi lanjutan dari beberapa aksi yang telah digelar sebelumnya dan tidak mendapat respon dari Rektor.

Aksi yang dilakukan kali ini berbeda dari yang telah dilakukan sebelumnya. “Aksi kali ini adalah aksi diam. Jadi aksinya dilakukan di beberapa titik di semua daerah. Dimanapun mahasiswa Unhas berada, Ia bisa menuangkan aspirasinya di atas selembar kertas lalu menandai Aliansi Mahasiswa Unhas di Instagram,” ujar Humas Aliansi Mahasiswa Unhas.

Tak ada suara keresahan yang terdengar  melalui pengeras suara. Keresahan itu tertulis di atas spanduk, kertas, dan surat yang tidak pernah direspon oleh Rektor Unhas. Aksi dialakukan dengan tenang dan damai.

“Sudah tiga kali Aliansi Mahasiswa Unhas menyurat ke Rektorat  namun tidak ada yang direspon dan yang  terakhir itu surat yang dimasukkan tadi itu tidak diterima karena sekretarisnya tidak ada. Bahkan tidak diizinkan masuk oleh pihak keamanan,” ucap salah satu mahasiswa peserta aksi.

Tidak ada yang berubah dari tuntutan Aliansi Mahasiswa Unhas sebelumnya yakni :

-Mencabut Surat Keputusan Nomor 3260/UN.41/KEP/2020 tentang pemberian peringanan pembayaran uang kuliah tunggal bagi mahasiswa program sarjana Universitas Hasanuddin pada semester awal tahun akademik 2020/2021, sekaligus merevisi Surat Keputusan Nomor 3329/UN4.1/KEP/2020 tentang penetapan penyesuaian kelompok tarif uang kuliah tunggal bagi mahasiswa program sarjana Universitas Hasanuddin yang orang tua/wali atau pihak lain yang membiayai mengalami kesulitan ekonomi.

– Menuntut Universitas Hasanuddin untuk membuka transparansi keuangan dan menjelaskan secara detail komponen-komponen penggunaan dan penyusunan anggaran Universitas Hasanuddin.

– Menuntut Universitas Hasanuddin memberikan penggratisan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara merata pada mahasiswa Universitas hasanuddin untuk semester ganjil 2020/2021.

– Menuntut Universitas Hasanuddin untuk melaksanakan pembahasan dengan pihak mahasiswa terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan transparansi anggaran Universitas Hasanuddin pada tanggal 15 juli 2020.

Setelah berlangsung beberapa menit para peserta aksi membubarkan diri karena tidak mendapat respon. Aksi diam  yang dilaksanakan tadi tidak berakhir di gedung Rektorat saja. Mereka kembali melakukan aksi di beberapa titik di kota Makassar seperti di jln. Alauddin, BTP, CPI, Bundaran Tugu Mandiri, dan Mesjid Raya. Hingga pukul 18:00 WITA para peserta aksi di masing-masing titik membubarkan diri.

SHARE:
Berita Advokasi, Straight News 0 Replies to “Aliansi Mahasiswa Unhas Melakukan Aksi Diam yang Masih Menyoal Uang Kuliah Tunggal”